Jumat, 27 September 2013

PERENCANAAN DAN PENETAPAN MANAJEMEN

1. PENGERTIAN PERENCANAAN MANAJEMEN


Perencanaa adalah proses dasar dimana manajemen memutuskan tujuan dan cara mencapainya. Perencanaan dalam organisasi adalah esensial, karena dalam kenyataaannya perencanaan memegang peranan lebih dibandingjkan fungsi2 lainnya. Perencanaan itu diibaratkan seperti akar tunggang dari sebuah pohon rindang yang akan tumbuh batang2 yaitu pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan, atau perencanaan itu diibaratkan seperti lokomotif yang menghela kereta api.
Sebelum  manajer dapat mengorganisasikan, mengarahkan dan mengawasi, mereka harus membuat rencana2 yang memberikan tujuan dan arah organisasi. Dalam perencanaan, manejer memutuskan apa yang harus dilakukan, kapan melakukannya, bagaimana melakukannya dan siapa yang melakukannya.
Jadi perencanaan adalah proses pemilihan sekumpulan kegiatan dan kemudian memutuskan apa yang harus dilakukan, kapan, bagaimana dan oleh siapa. perencanaan yang baik harus mempertimbangkan kondisi di waktu yang akan dating dimana perencanaan tersebut akan diimplementasikan.
Berbagai petanggungjawaban dalam perencanaan tergantung pada besarny dan tujuan organisasi serta fungsi atau kegiatan khusus manajer. Cthny perusahaan2 konveksi boiasanya lebih cenderung hanya membuat rencana2 jangka pendek dalam desain dan pembelian, keren akegiatan2nya sangat dipengaruhi oleh perubahan2 mode. Begitu pula dengan toko2 kelontong.
Kebutuhan perencanaan ada di semua tingkatan baik ditingkat atas maupun tingkat bawah, utk tingkat atas perencanaan bias any menyangkur organisasi secara keseluruhan, sedangkan utk tingkat bawah biasannya hanya untuk kelompok kerjannya dan utk jangka pendek.
Perencanaan adalah suatu proses yang tidak berahir bila rencana tsb telah ditetapkan, rencana masih harus diimplamentasikan, kemudian selama proses implemensai itu mungkin saja rencana memerlukan modofikasi agar tetap berguna.

2. LANGKAH-LANGKAH DALAM MENYUSUN PERENCANAAN ORGANISASI

  1. Menetapkan tujuan
Perencanaan dimulai dengan keputusan2 mengenai keinginan atau kebutuhan organisasi atau kelompok kerja. Tanpa rumusan tujuan yang jelas , organisasi akan mengunakan sumberdaya2 secara tidak efektif

  1. Merumuskan keadaan saat ini
Perusahaan harus memahami keadaan perusahaan saat ini, hal ini berhubungan dengan ketersedian sumberdaya2 yang dimiliki oleh perusahaan. Yang akan digunakan utk mencapai tujuan. Tahap ini memerlukan infoemasi terutama informasi keuangan dan data statistic.

  1. Mengidentifikasikan segala kemudahan dan hambatan
Perusahaan juga harus mengidentifikasikan segala kemudahan dan hambatan serta kekuatan dan kelemahan untuk mengukur kemampuan organisasi dalam mencapai tujuan. Oelh karena itu perusahaan hrs mnegetahuifaktor2 intrn dan ekstern yang akan membantu organisasi dalam mencapai tujuan atau malh akan menimbulkan masalah.

  1. Mengembangkan rencana atau serangkaian kegiatan
Tahapan ini terdiri dari:
       Pengembangan berbagai alternative kegiatan utk mencapai tujuan
       Penilaian alternatif2
       Pemilihan alternatif terbaik diantar berbagai pilihan alternative yang ada

3. MANFAAT PERENCANAAN DALAM ORGANISASI

1.       Membantu manajemen utk menyesuaikan diri dng lingkungan
2.       Membantu penempatan tanggung jawab lebih tepat
3.       mamudahan koordinasi di antara berbagai bagian organisasi
4.       membuat tujuan lebih kusus, terperinci dan mudah dipahami
5.       menghemat waktu, uasaha dan dana

4. JENIS PERENCANAAN DALAM ORGANISASI

1.       Perencanaan stategik
Staregi berasal dari bahasa yunani, yaitu strategeia yang artinya seni atau ilmu menjadi seorang  jendral perang. Untuk menjadi jendral perang dia harus biasa melindungi warganya, dia harua tau bagaimana memenangkan peperangan tersebut, dia harus tau bagaimmana mengalahkan lawan2nya, dia harus tau bagaimana merebut daerah kekuasaan lawannya dll.Begitu pula perusahaan, harus mengerti mengenai strategi2 dalam mengahdapi persaiangan yang terjadi, bagaimana cara memasarkan dll.
Perencanaan strategi adalah  perencanaan jangka panjang yang disusun dan digunakan utk menentukan dan mencapai tujuan2 organisasi.
                        Perencanaan ini dirancang utk memenuhi tujuan2 organisasi yag lebihluas.
2.       Perencanaan operasional
           Penguraian lebih terperinci bagaimana rencana strategic akan dicapai.
Ct perencanaan stategik mis awlnya perusahaan hanya memberikan jasa pengirima berupa barang tp seiring wkt perencanaa tsb mengalami modifikasi, prshn jg melakukan pengiriman data atai informasi
Kemudian rencana operasionalnya adalah: perusahan menentapkan bahwa dalam satu jam perusahaan harus bias mengirim mis, 10 data/ infoemasi setiap harinya.



SUMBER :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar