Jumat, 06 Januari 2012

ILMU BUDAYA DASAR

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai apa itu Ilmu Budaya Dasar, saya akan menjelaskan secara rinci apa arti dari ilmu, budaya dan dasar. Menurut Buku Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, ilmu adalah kepandaian tertentu atau pengetahuan tentang suatu bidang. Budaya adalah tradisi yang melekat pada manusia dan mengalami perkembangan. Dasar adalah pembawaan sejak lahir atau bawah.

Secara umum ilmu budaya dasar merupakan suatu ilmu pengetahuan umum dan pengertian dasar mengenai tradisi atau budaya yang melekat pada diri manusia dalam kehidupannya.
Pada dasaranya istilah Ilmu Budaya Dasar berasal dari The Humanities. Istilah Humanities tersebut berasal dari bahasa latin “humanus” yang berarti manusia, berbudaya dan halus. Diharapkan dengan mempelajari Humanities, seseorang bisa menjadi lebih sopan, manusiawi dan berbudaya. Bisa dikatakan Humanities berkaitan dengan nilai-nilai manusia sebagai manusia berbudaya. Supaya manusia bisa menjadi manusia yang berbudaya maka tidak boleh meninggalkan tanggung jawabnya itu sendiri sebagai manusia.

Sekarang-sekarang ini Ilmu Budaya Dasar sudah banyak yang dijadikan sebagai suatu mata kuliah. Mata kuliah ilmu budaya dasar itu sendiri yaitu merupakan pembicaraan tentang kebudayaan, nilai-nilai, dan juga masalah-masalah yang kerap terjadi dalam kehidupan manusia. Hal ini perlu, karena dirasa kurangnya atau minim nya sistem pendidikan, baik tingkat menengah, atas, maupun perguruan tinggi. Tidak dapat dipungkiri bahwa sistem pendidikan kita membuat manusia-manusia yang berpendidikan tidak mempunyai pandangan luas terhadap segala hal. Para lulusan perguruan lain cenderung hanya mempunyai satu bidang yang mereka geluti dan mengesampingkan bidang-bidang lain tetapi bukan berarti mereka harus ikut campur dengan bidang lain.
Dari sinilah diharapkan kegunaan mata kuliah ini, agar semua lulusan perguruan tinggi kita dari semua jurusan mempunyai satu kesamaan bahan pembicaraan sehingga dapat membangun Negara kita dan dapat memperbaiki pendidikan di Negara kita.

Dengan mendapatkan mata kuliah Ilmu Budaya Dasar ini diharapkan setiap mahasiswa dan mahasiswi dapat mempunyai latar belakang pengetahuan yang luas tentang kebudayaan Indonesia pada umumnya dan menimbulkan minat untuk mendalami nya dan ikut serta dalam mengembangkan kebudayaannya secara kreatif.

Ada berbagai tujuan ilmu budaya dasar yang dapat diketahui. Kita dapat mengenal lebih dalam mengenai diri kita sendiri maupun diri orang lain yang pada awalnya kita hanya melihat orang lain dari sifat luarnya saja. Padahal jika kita telurusi bagaimana sifat seseorang, kita dapat mengetahui jauh lebih mendalam mengenai sifat asli yang melekat dari dalam dirinya, bukan hanya dari luar diri orang tersebut. Ilmu budaya dasar juga bertujuan untuk mampu berinteraksi dan bergaul dengan orang lain. Baik dalam lingkup keluarga, sekolah dan masyarakat. Selain itu, juga agar dapat peka terhadap seluruh budaya-budaya yang dihasilkan atau diciptakan oleh manusia sehingga membuat kita dapat peduli terhadap masalah-masalah yang terjadi pada kehidupan sehari-hari dan mampu untuk menyelesaikan setiap masalah yang terjadi dalam kehiduapan manusia itu sendiri. Ilmu budaya dasar itu sendiri mempunyai tujuan bagi kita, sebagai mahasiswa yaitu memberi kesempatan untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap masalah tersebut. Memiliki penglihatan yang jelas pemikiran serta yang mendasar serta mampu menghargai budaya yang ada di sekitarnya dan ikut mengembangkan budaya bangsa serta melestarikan budaya nenek moyang leluhur kita yang luhur nilainya juga merupakan salah satu tujuannya.

Berdasarkan atas tujuan yang telah dipaparkan diatas, terdapat dua masalah pokok yang dapat digunakan sebagai ruang lingkup Ilmu Budaya Dasar, antara lain yaitu yang pertama adalah berbagai macam aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan permasalahan manusia dan budaya yang dapat didekati dengan pengetahuan budaya (The Humanities) baik dari segi masing-masing keahlian maupun gabungan dari berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya. Yang kedua yaitu, hakikat manusia satu atau universal, akan tetapi manusia di dunia ini sangat beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat. Diharapkan manusia dapat menghadapi segala perbedaan atau banyak nya corak yang ada dalam setiap manusia, baik dari lingkungan alam, sosial maupun budaya.

Pokok bahasan yang akan dikembangkan dalam Ilmu Budaya Dasar itu sendiri terdapat 8 pokok bahasan, yakni Manusia dan cinta kasih, manusia dan keindahan, manusia dan penderitaan, manusia dan keadilan, manusia dan pandangan hidup, manusia dan tanggung jawab serta pengabdian, manusia dan kegelisahan serta manusia dan harapan. Ke delapan pokok bahasan yang terkandung dalam pengetahuan budaya. Perwujudan mengenai pokok-pokok bahaan tersebut dapat menghasilkan karya-karya yang dapat dikaitkan dalam berbagai bidang seperti, filsafat, seni tari, seni sastra, seni musik dan juga seni rupa. Sehingga dengan ada nya ilmu budaya dasar ini dapat digunakan dalam masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber :

Buku Seri Diktat Kuliah Ilmu Budaya Dasar, Universitas Gunadarma
http://indobudaya.blogspot.com/2007/11/ilmu-budaya-dasar.html
http://www.membuatblog.web.id/2010/02/ilmu-budaya-dasar.html

Nama : Maria Rosa Prameswari
NPM : 14511293
Kelas : 1PA07

Tidak ada komentar:

Posting Komentar