Jumat, 06 Januari 2012

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

Setiap manusia mempunyai pandangan hidup. Pandangan hidup itu bersifat kodrati karena itu menentukan masa depan seseorang. Untuk itu perlu dijelaskan pula apa arti pandangan hidup. Pandangan hidup artinya pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan dan petunjuk hidup di masa depan. Pendapat atau pertimbangan itu merupakan hasil pemikiran manusia berdasarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya.
Dengan demikian pandangan hidup itu bukanlah timbul seketika atau dalam waktu yang singkat saja, melainkan melalui proses waktu yang lama dan terus-menerus, sehingga hasil pemikiran itu dapat diuji kenyataannya. Hasil pemikiran itu dapat diterima oleh akal, sehingga diakui kebenarannya. Atas dasar ini manusia menerima hasil pemikiran itu sebagai pegangan, pedoman, arahan atau petunjuk yang sisebut pandangan hidup.
Terdapat beberapa macam pandangan hidup berdasarkan asalnya, yakni : 1.) pandangan hidup yang berasal dari agam yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenarannya. 2.) pandangan hidup yang berupa ideologi yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada Negara tersebut. 3.) pandangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup yang relative kebenarannya.
Menurut kamus umum Bahasa Indonesia, yang disebut dengan cita-cita adalah keinginan, harapan, tujuan yang selalu ada dalam pikiran. Baik keinginan, harapan, maupun tujuan merupakan apa yang mau diperoleh dimasa mendatang. Dengan demikian cita-cita merupakan pandangan masa depan, merupakan pandangan hidup yang akan datang. Pada umumnya cita-cita merupakan semacam garis linier yang makin lama makin tinggi. Dengan kata lain, cita-cita merupakan keinginan, harapan, dan tujuan manusia yang makin tinggi tingkatannya.
Untuk dapat menggapai segala cita-cita, salah satunya kita harus tahu bagaimana caranya agar kita dapat menggapai segala cita-cita kita. Terdapat formula sukses yang dapat kita jadikan pedoman untuk menggapai cita-cita kita. Pertama kita harus mengubah Belief System (Keyakinan dan Goal) kita. Kedua kita harus mengubah cara berpikir kita dan emosi kita. Ketiga, mengubah segala keputusan kita yang dapat menghambat cita-cita kita. Keempat, kita harus mengubah segala tindakan-tindakan buruk kita. Dari semua itu kita akan mendapatkan hasil yang menjadi keyakinan dan goal kita dari awal. Itu merupakan salah satu cara kita untuk menggapai cita-cita kita. Daritadi saya menyebutkan kata “goal”, apa itu goal? Goal adalah gambaran imajinasi yang betul-betul kita inginkan dimasa depan kita. Mengapa kita harus mempunyai goal? Goal disini dapat diartikan juga sebagai mimpi (dream). Kita harus mempunyai goal karena segala sesuatu itu berasal dari impian. Apa yang menjadi karakteristik dari Goal? Goal itu harus besar, spesifik dan mempunyai tekad yang sangat kuat untuk mencapainya. Terdapat tiga hal yang dapat mempengaruhi semangat atau tekad kita untuk mencapai impian kita, yakni: physiology/gerakan, fokus/keyakinan, dan pilihan kata. Gerakan, “our Emotion is created by our Motion”. Fokus adalah kejadian yang kita bayangkan terus-menerus dengan mengubah keyakinan, bayangan, arti dan pertanyaan. Mengubah arti berarti apapun kejadian yang terjadi, sekalipun tidak baik, tapi harus membuat kita menjadi lebih baik. Apapun yang terjadi, baik/buruk, Tuhan menginginkan kita untuk menjadi lebih baik. Terdapat 3 pertanyaan yang membuat kita mempunyai kualitas hidup yang lebih baik dan lebih kuat. 1.) Apa yang saya syukuri dari kejadian ini? 2.) Saya harus belajar apa dari kejadian ini? 3.) Apa yang harus saya lakukan sehingga membuat saya: a.) merasa lebih baik? b.) menjadi lebih baik? c.) yang membuat banyak orang menjadi lebih baik? d.) yang direstui Tuhan sempurna apa adanya? Kunci dari kegagalan adalah Blame, Execusessssss, Justified. Kunci kesuksesan adalah orang gagal mencari alasan mengapa mereka akan gagal, orang sukses mencari alasan mengapa mereka harus sukses.

Sumber :
Buku Seri Diktat Kuliah Ilmu Budaya Dasar, Universitas Gunadarma

Nama : Maria Rosa Prameswari
NPM : 14511293
Kelas : 1PA07

Tidak ada komentar:

Posting Komentar