Pengertian struktur organisasi menurut para ahli :
- Struktur organisasi dapat diartikan sebagai kerangka kerja formal organisasi yang dengan kerangka kerja itu tugas-tugas pekerjaan dibagi-bagi, dikelompokkan, dan dikoordinasikan (Robbins dan Coulter, 2007:284).
- Struktur organisasi didefinisikan sebagai mekanisme-mekanisme formal dengan mana organisasi dikelolah (Handoko, 2003:169).
- Struktur organisasi adalah pola formal mengelompokkan orang dan pekerjaan (Gibson dkk, 2002:9).
- Struktur organisasi yaitu menggambarkan tipe organisasi, pendepartemenan organisasi, kedudukan dan jenis wewenang pejabat, bidang dan hubungan pekerjaan, garis perintah dan tanggungjawab, rentang kendali dan sistem pimpinan organisasi (Hasibuan, 2004:128).
- Struktur organisasi menspesifikasikan pembagian kerja dan menunjukkan bagaimana fungsi atau aktivitas yang beraneka ragam yang dihubungkan sampai batas tertentu, juga menunjukkan tingkat spesialisasi aktivitas kerja (Suranto, 2005: 85)
2. STRUKTUR FORMAL DAN INFORMAL
Pengorganisasian sebagai fungsi dari Manajemen meliputi :
- Struktur Formal : Struktur yang diakui oleh pihak yang berwenang dengan ketetapan hukum. Misalnya koperasi, CV, PT, Struktur pemerintahan, dan sebagainya.
- Struktur Informal : Struktur yang nyata ada dan berfungsi, tetapi tidak diakui oleh pihak yang berwenang. Misalnya adat-istiadat.
3. STRUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN
Ini merupakan salah satu contoh struktur organisasi dalam suatu perusahaan
4. MANFAAT STRUKTUR FUNGSIONAL DAN DIVISIONAL
Manfaat Struktur Fungsional :
- Komunikasi dan jaringan keputusannya sederhana
- Mempertahankan tingkat pengendalian strategi pada tingkat manajemen puncak
- Dapat mendelegasikan keputusan operasional sehari-hari
- Menyederhanakan pelatihan spesialis fungsional
- Menyederhanakan pelatihan untuk para spesialis fungsional
- Mempermudah pengukuran output dan hasil dari setiap fungsi
Manfaat Struktur Divisional :
- Mempunyai fleksibilitas pada struktur perusahaan
- Dapat mempertahankan spesialisasi pada tiap divisi
- Membuka kesempatan karir
- Menimbulkan kompetisi di dalam organisasi
5. KERUGIAN STRUKTUR FUNGSIONAL DAN DIVISIONAL
Kerugian Struktur Fungsional :
- Menyebabkan spesialisasi yang sempit
- Mendorong timbulnya persaingan dan pertentangan antar fungsi
- Mengakibatkan sulitnya koordinasi diantara bidang-bidang fungsional
- Dapat menyebabkan tingginya biaya koordinasi antar fungsi
- Identifikasi karyawan dengan kelompok spesialis, sehingga membuat perubahan menjadi sulit
- Membatasi pengembangan keterampilan manajer yang lebih luas
Kerugian Struktur Divisional :
- Mengakibatkan turunnya komunikasi antara spesialis fungsional
- Sangat potensial untuk ketidakkonsekuenan antar divisi
- Biaya relatif tinggi
Sumber :
Hari Purnomo, Setiawan., Zulkieflimansyah (1996). Manajemen Strategi: Sebuah Konsep Pengantar. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Abdul Mukhyi, Muhammad, Hadi Saputro, Ima. (1995). Pengantar Manajemen Umum. Depok : Universitas Gunadarma.
Tisnawati Sule, Ernie., Saefullah, Kurniawan. (2005). Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar